Film 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta

Film 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta  - Sudah menonton film 3 Hati, 2 Dunia, 1 Cinta produksi Mizan Productions? Film ini berkisah tentang seorang lelaki Muslim dan gadis Katolik yang jatuh cinta dan berencana untuk menikah. Namun, kedua orangtua mereka menentang keras. Orang ua mereka tidak setuju, karena menurut keyakinan yang dianut, menikah beda agama tidak legal, alias haram.

Sepasang kekasih tersebut, yang diperankan oleh Reza Rahardian sebagai Rosid dan Laura Basuki sebagai Delia, kemudian berusaha mencari cara agar hubungan mereka direstui orangtua masing-masing. Mulai dari menggugat dasar filosofis alasan pelarangan nikah beda agama. Kalau manusia di mata Tuhan sederajat, mengapa dikotak-kotakkan ke berbagai agama dan dilarang menjalin cinta? Jangan-jangan Tuhan diskriminatif kepada manusia? Atau manusianya yang salah menafsirkan kehendak Tuhan?

Pertanyaan-pertanya an seperti itulah yang diajukan oleh Rosid dan Delia. Tapi, orangtua mereka bergeming. Mereka kekeh dengan pandangan bahwa menikah harus dengan yang seagama. Bahkan, merekalah yang gantian mencari cara agar putra-putri mereka berpisah.

Sampai di titik ini, sebenarnya film ini bagus dan memperkenalkan gagasan pluralisme dan nikah beda agama. Tapi, akhir cerita yang membuat sebagian orang kaget. Bachtiar Effendy, intelektual Muslim, dalam acara diskusi film ini di Pondok Indah Mal  pada10 Juli 2010 lalu mengatakan bahwa akhir dari cerita film ini kurang berani, terlalu lembut dan moderat. Akhir kisahnya dianggap tidak tegas. Sebaliknya, Putut Wijanarko, pihak dari Mizan Productions, justru melihat ending dari film itu sebagai konsistensinya dari sikap toleran, menghargai kebebasan beragama dan tidak memaksakan sesuatu kepada orang lain. Film ini, menurut Putut, justru mengedepankan sikap-sikap toleran.

Mana yang benar? Benarkah film ini bisa dikategorikan mendukung gagasan pluralisme dan menikah beda agama? Atau sebaliknya, film ini justru mempropagandakan dakwah Islam secara halus dan tidak setuju dengan nikah beda agama?

0 komentar:

Berbagi OPINI

Subscribe Bookmark and Share

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 Subscribe in a reader

Yahoo bot last visit powered by Scriptme Google bot last visit powered by Scriptme