Hujan Meteor Tahun Baru 2011

Foto Hujan Meteor  Quadrantid
Hujan Meteor Quadrantid Tahun Baru 2011 - Pergantian tahun 2010 ke 2011 akan ditandai fenomena alam yaitu hujan meteor, 1 januari 2011 dini hari Meteor Quadrantid akan menghujani bumi. Hujan meteor Quadrantid pada awalnya hanya terlihat beberapa saja, namun pada puncaknya akan terlihat 100 meteor/jam.

Menurut peniliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, hujan meteor Quadrantid terjadi pada 1 sampai 5 januari 2011, jadi tahun baru ini bumi akan disambut oleh hujan meteor.

Meteor Quadrantid berasal dari debu komet bernomor katalog 1490 Y1 atau 1385 U1. Hujan meteor Quadrantid akan terlihat jelas dibelahan langit utara dari rasi bintang bootes dan akan telihat setelah tengah malam atau tanggal 1 januari 2011 dini hari.
Rasi Bootes, Tempat Hujan Meteor Quadrantid Terlihat

Berbeda dengan hujan meteor lainnya,  Quadrantid lebih istimewa karena meteor ini jatuhnya berpencar, sehingga terlihat seperti kembang api, jadi Tahun baru 2011 kita akan menyaksiakan dua kembang api yaitu versi buatan manusia dan versi buatan sang pencipta.

0 komentar:

Berbagi OPINI

Subscribe Bookmark and Share

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 Subscribe in a reader

Yahoo bot last visit powered by Scriptme Google bot last visit powered by Scriptme