Semifinal Piala AFF , Filipina Kalahkan Indonesia ?

Analisis Semifinal Piala AFF 2010 Timnas Indonesia Kalah ? - Babak penyisihan Piala AFF suzuki 2010 dilewati dengan mudah oleh Timanas Indonesia, bagaimana dengan laga Semifinal, mampukah Firman Utina dkk melewati semi final dengan mudah untuk menuju Final piala AFF tahun 2010 ini ? 

Sebagai juara group B maka indonesia berhak melawan Runner Up group A yaitu Filipina mendampingi Vietnam sebagai juara group A. Laga semifinal selayaknya dilakukan sistem kandang tandang, namun karena di Filipina belum ada Stadion Sepakbola yang memenuhi standar FIFA maka Kubu Filipina dengan PSSI sepakat mengadakan laga ini di Stadion Gelora BUng Karno.

Dipilihnya Stadion Gelora Bung Karno sebagai Homenya Filipina tentu sangat menguntungkan Timnas Indonesia, karena akan banyak pendukung, tanpa ada beban psikologis laga tandang. Namun keuntungan ini akan terasa manis bila Indonesia nanti mampu memetik kemenangan pada laga pertama ini sehingga pada laga kedua nanti beban timnas kita tidak terlalu berat.

Diata kertas Indonesia lebih diunggulkan, karena selama sejarah pertemuan kedua Tim Filipina baru sekali menang pada yahaun 1930 -an, itupun Indonesia masih bernama Hindia Belanda. sejak itu Filipina selalu kalah, bahkan  Timnas selalu menang besar dan terkahir Filipina kalah 13-0 pada ajang Piala AFF lalu.

 
Foto Tim Fiipina Pada Piala AFF 2010
Namanya pertandingan bola tidak selamanya mengikuti fakta diatas kertas, karena dilapangan apapun bisa saja terjadi, dan fakta juga bahwa banyak tim-tim lemah dan tidak diperhitungkan bisa menaklukan tim besar bahkan bisa menjadi juara, misalnya Yunani pada ajang piala Eropa, Klub Afrika yang masuk ke Final Piala Dunia Antar Klub di Dubai dan dianjang Piala AFF 2010 sendiri kejutan itu juga terjadi, Tim filipina juag memberikan kejutan, Tim Malaysia yang dikalah indonesia dengan skor 5-1 ternyata mampu mengalahkan juara bertahan Vietnam 2-0 pada laga semifinal piala AFF 2010 ini.

Saat ini Timnas Indonesia lagi berada diatas angin, pujian mengalir datang dari berbagai kalangan, begitu juga masyarakat sangat antusias memberi dukungan setelag pada babak penyisihan Indonesia tampil dengan sangat baik. Sampai-sampai Presiden SBY ikut-ikutan memanfaatkan situasi ini dengan memberikan dukungan moril.

Foto Timnas Indonesia Pada Piala AFF 2010
Keberhasilan Timnas saat ini tidak terlepas dari adanya kebijakan naturalisasi pemain yaitu Gonzales dan Irfan bachdim. Kedua pemain "karbetan" ini sampai sejauh ini masih memberikan kontribusi lumayan. terutama Gonzales yang tampil selalu antusias dan dalam  2 laga tetap mencetak gol. Sedangkan  Kekasih Jennifer Kurniawan, Irfan bachdim belum terlihat "istimewanya" bila dibandingan dengan ketenaran namanya saat ini bahkan bisa dikatakan tidak ada istimewanya, lihat saja bagaimana penampila irfan ketika melawan Thailand, sangat tidak seimbang dengan ketenaran namanya saat ini.

Melajunya Filipina ke Semifinal piala AFF kali ini, juga tidak terlepad dari naturalisasi pemain, dan saat ini Tim Filipina memiliki 8 pemain naturalisasi yang kelasnya diatas Gonzales dan Irfan Bachidm. Lihat saja bagaiamman mereka di penyisihan menyingkirkan raksasa sepakbola asia tenggara Singapura dan mampu bersaing dengan Vietnam, tentunya fakta ini membuat Filpina terbukti sebagai tim kuat dan jangan dipandang remeh oleh Firman utina dkk.

Pertandingan direncanakan akan Kick Off pukul 19.00, Pemuda Indonesia Baru memprediksikan pertandingan Indonesia VS Filipina ini akan sangat seru dan menarik ditonton,  karena kekuatan kedua tim berimbang. Timanas akan mengalami kesulitan mengimbangi permainan Filipina yang dominan bermaterikan pemain naturalisai, seperti penjaga gawang filipina adalha KIper cadangan Fulham 2 didikan Chelase dan lainnya bebrapa klub divisi 2 inggris.

Indonesia diuntungkan karena bertanding di Stadion Gelora Bung Karno, sehingga Timnas akan mendapat tambahan energi semangat dari para penonton, apalagi kabarnya Presiden SBY memanfaatkan pertandingan ini untuk menonton tentunya pengurus PSSI tidak mau Big Boss mereka pulang dengan muka kusam karena "alat" politik olahraga dia kalah.

Kunci kemenangan pada pertandingan ini ada pada ketenangan, disiplin dan keberuntungan, bila timnas tidak bermain tenang dan disiplin maka Timnas akan kalah. Begitu juga dengan Filipina bila mereka bermain tidak tenang karena sorakan penonton maka mereka akan kalah dan Timnas beruntung karena digelar di Indonesia. (Don)

0 komentar:

Berbagi OPINI

Subscribe Bookmark and Share

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 Subscribe in a reader

Yahoo bot last visit powered by Scriptme Google bot last visit powered by Scriptme