Ciri dan Gejala Kanker Kulit

Ciri-ciri dan Gejala Kanker Kulit - Kanker merupakan penyakit yang berbahaya, salah satu penyakit kanker adalah kanker kulit. Ciri maupun gejala kena kanker kulit perlu diketahui sejak dini agar dapat langsung di obati karena lebih baik mencegah daripada mengobati, dan mengobati sejak dini.

Pada umumnya Kanker kulit ada 3 jenis yaitu :
  • Basal Cell Carcinoma (BCC) (BCC adalah jenis kanker kulit yang paling sering terjadi, sel basal di bawah lapisan kulit terluar.
  • Squamous Cell Carcinoma (SCC) Kanker kulit yang juga paling umum terjadi adalah SCC, yang biasa ditemukan di sel squamus. SCC mirip dengan BCC karena seringkali muncul di area yang terpapar langsung pada sinar UV seperti kulit wajah, kulit kepala, leher, tangan, lengan, dan kaki.
  • Melanoma Melanoma termasuk jenis kanker kulit yang agak jarang, namun ini adalah yang paling berbahaya. Melanoma muncul di bagian bawah epidermis
Penyebab kanker kulit diakibatkan mutasi akibat paparan sinar UV, namun bisa juga dipengaruhi oleh faktor genetis maupun faktor lingkungan. jadi siapa saja bisa terkena penyakit ini. maka dari itu kenali ciri-ciri dan gejala penyakit ini.

Ciri-ciri dan gejala bila seseorang terkena penyakit kanker kulit ditandai dengan adanya tompel dipermukaan kulit. Tompel tersebut memiliki ciri -ciri sebagai berikut :
Foto/GambarCiri-ciri dan Gejala Kanker Kulit
 Asimetris -> bentuk tompel tak simetris, bagian kiri dan kanan berbeda.
Border -> batas pinggiran tompel tak rata dan bertekstur kasar
Color -> tompel memiliki warna yang bergradasi dan tak rata
Diameter -> besar tompel lebih besar dari diameter sebuah pensil
Evolusi -> tompel berubah-ubah dari segi ukuran, bentuk, atau warna
Tompel yang terasa gatal, luka kecil yang terus menerus mengeluarkan darah dan tak kunjung sembuh, atau titik kecoklatan di tangan, kaki, atau di bawah kuku
Jika anda menenukan tompel seperti diatas pada kulit anda, maka segerelah memeriksakan diri pada dokter kulit, agar langsung dapat ditangani oleh medis. demikian info ini, semoga bermanfaat.

1 komentar:

ester surbakti mengatakan...

copy dri mana nih..
ckckckck..

Berbagi OPINI

Subscribe Bookmark and Share

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 Subscribe in a reader

Yahoo bot last visit powered by Scriptme Google bot last visit powered by Scriptme