Daftar Menteri Yang Diganti SBY dan Pengantinya

Daftar Nama Menteri Yang Diganti SBY dan Siapa Penggantinya - Pergantian menteri atau lebih dikenal dengan Reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II yang dipimpin SBY akan diumumkan selasa 18/10/2011. Walaupun belum diumukan secara resmi, sudah ada 5 nama menteri yang akan diganti ditambah 13 wakil menteri Baru, kemudian Kepala BIN juga akan diganti.

Berikut daftar nama menteri yang akan diganti oleh SBY sebagaimana diberitakan oleh detik.com :

5 Menteri baru ini adalah:

1. Amir Syamsuddin sebagai Menkum HAM
Sekretaris Dewan Kehormatan Partai Demokrat ini mengaku ditunjuk SBY untuk menggantikan Patrialis Akbar asal PAN. "Saya akan menjadi Menkum HAM," kata pria yang dikenal sebagai pengacara ini. Patrialis pun hengkang dari kabinet. Mantan Ketum PAN Amien Rais di Kampus Unsoed Purwokerto mengatakan Patrialis akan menjadi hakim MK.

2. Azwar Abubakar sebagai Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi

Anggota Komisi I DPR ini diminta menggantikan EE Mangindaan sebagai Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi. Sebelumnya dia pernah menjadi Plt Gubernur NAD dan merupakan kader PAN. Azwar menjadi barter atas keluarnya Patrialis.

Sedangkan EE Mangindaan digeser, dikabarkan akan diplot sebagai Menhub menggantikan Freddy Numberi, namun belum ada penjelasan dari Istana. Naik menjadi menteri, Azwar berujar, "Alhamdulillah Bapak Presiden percayakan kami untuk duduk di Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi."

3. Djan Faridz sebagai Menteri Perumahan Rakyat

Anggota DPD dari DKI Jakarta, Djan Faridz ditunjuk SBY sebagai Menteri Perumahan Rakyat. Pengusaha properti ini dianggap memahami bidang perumahan. Djan adalah kader PPP yang menggantikan kolega PPP lainnya Suharso Monoarfa, yang mundur atas alasan pribadi. Suharso sedang menghadapi sidang perceraian, walaupun kinerjanya selama 2 tahun dipuji Presiden SBY.

Djan pun mundur dari bursa Pemilihan Gubernur DKI Jakarta. "Dia memiliki kapabilitas untuk itu (menjadi Menpera)," kata Ketua Umum PPP Suryadharma Ali mengomentari Djan.

4. Gita Wirjawan sebagai Menteri Perdagangan

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan digeser menjadi Menteri Perdagangan. Gita menggeser Mari Pangestu yang saat ini menjadi Mendag.

"Saya diminta dan diberikan tugas yang baru sebagai menteri perdagangan dengan senang hati saya terima," katanya. Mendag Mari Elka Pangestu disebut-sebut akan digeser ke posisi Menteri Kebudayaan dan Pariwisata menggeser Jero Wacik.

5. Dahlan Iskan sebagai Menteri BUMN

Direktur Utama PT PLN (Persero) Dahlan Iskan diminta Presiden SBY menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dia akan menggantikan Mustafa Abubakar yang sakit.

Reaksi Dahlan, paling berbeda dengan yang lainnya. Didaulat jadi menteri, Dahlan menangis. "Saat diberitahu, saya nangis harus meninggalkan PLN. Karena teman-teman di PLN seluruh Indonesia ini lagi semangat-semangatnya bekerja," ujarnya sambil tak henti-hentinya meneteskan air mata.


6. Letjen Marciano Norman sebagai Kepala BIN

Berikut daftar nama wakil menteri baru KIB II :

1. Dekan Fakultas Kedokteran UGM Prof Dr Ali Gufron Mukti sebagai Wakil Menteri Kesehatan
2. Dirjen Pemasaran Kemenbudpar Sapta Nirwandar sebagai Wakil Menteri Kebudayaan dan Pariwisata
3. Mantan Dubes Singapura Wardana sebagai Wakil Menlu menggantikan Triono Wibowo
4. Musliar Kasim sebagai Wakil Menteri Pendidikan Nasional bidang Pendidikan
5. Sekretaris Menteri BUMN Mahmudin Yasin sebagai Wakil Menteri BUMN
6. Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisna Murti sebagai Wakil Menteri Perdagangan
7. Wakil Menteri Perdagangan Mahendra Siregar sebagai Wakil Menteri Keuangan
8. Kepala BPS Rusman Heriawan sebagai Wakil Menteri Pertanian
9. Guru Besar Arsitektur FT UGM Wiendu Nuryanti sebagai Wamendiknas bidang Kebudayaan
10. Guru Besar FISIP UI Prof Eko Prasojo sebagai Wakil Menteri PAN
11. Staf Khusus Denny Indrayana sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM
12. Guru Besar ITB Widjajono Partowidagdo sebagai Wakil Menteri ESDM
13. Dirjen Bimas Islam Nasaruddin Umar sebagai Wakil Menteri Agama

Semoga dengan pergantian (reshuffle) menteri ini, kinerja pemerintah akan semakin baik dan mampu membawa rakyat indonesia secara keseluruhan ke arah yang lebih baik dalam mencapai adil dan makmur.

0 komentar:

Berbagi OPINI

Subscribe Bookmark and Share

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 Subscribe in a reader

Yahoo bot last visit powered by Scriptme Google bot last visit powered by Scriptme