Kata bijak hari ini "Kawan Vs Lawan" 27 Juli 2012

Kata bijak hari ini "Kawan Vs Lawan" 27 Juli 2012  - Blog PIB kembali membagi kata bijak, setelah beberapa hari yang lalu telah membagin kata bijak membuat bahagia 21 Juli 2012.

Tema kata bijak hari kita hari ini adalah kawan vs lawan. Dimana kedua kata ini merupakan kata yang saling bertentangan, namun memiliki perbedaan yang sangat tipis sekali.

Inilah kata bijak tentang kawan vs lawan beserta ulasannya :

"Seorang kawan memukul dengan maksud baik, tetapi seorang lawan mencium secara berlimpah-limpah"
Ulasan :

Sewaktu saya Sekolah Dasar, saya sering sekali dipukuli oleh Guru, gara-gara nakal, tidak mengerjakan Pekerjaan rumah dll, begitu juga orang tua saya, mereka sering sekali memarahi bahkan memukul saya kerena perbuatan saya yang tidak baik.

Sekarang jika ada guru yang memukul siswa/i karena nakal, maka orangtuanya akan mempersoalkan pemukulan bahkan tidak segan melaporkannya ke pihak yang berwajib. Sehingga saat ini Guru sudah jarang sekali memukul siswa/i yang nakal. Guru dan orangtua memukul kita, pasti karena ada alasan, yang pastinya alasan dan tujuan itu demi kebaikan kita.

Dengan kata lain, seseorang sahabat akan berani berkata salah jika kita salah, namun lawan tidak akan pernah mengatakan kita salah. Karena bila ada orang mengatakan kita salah, maka kita akan berusaha memperbaiki diri. Tentu seorang lawan tidak akan mau, jika kita memperbaiki diri. Bahkan sewaktu salah sekalipun  kita, mereka akan mengatakan kita benar ( penjilat..????)

Jadi, memukul adalah kawan dalam hal ini berarti "berani mengkoreksi" dan melawan jika kita memang kita salah, sedangkan memuji adalah lawan adalah membenarkan kita walau kita salah.

Apakah seseorang yang memukul sudah menjadi lawan ? atau, apakah seorang yang memuji dan mencium kita sudah menjadi kawan ?

Demikianlah kata bijak tentang kawan vs lawan, semoga dapat memberikan sedikit pencerahan pada pengunjung setia blog PIB. Tetap jaga persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia. Sekian dan terimakasih.

0 komentar:

Berbagi OPINI

Subscribe Bookmark and Share

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 Subscribe in a reader

Yahoo bot last visit powered by Scriptme Google bot last visit powered by Scriptme