Cara Menulis Makalah

membuat makalah
Panduan Cara Menulis Makalah - Membuat makalah merupakan salah satu yang wajiba dikerjakan oleh seorang yang duduk dibangku pendidikan, bahkan dalam dunia kerjapun, membuat makalah sebagai bahan presentase juga sering harus dilakakukan.

Membuat makalah sebenarnya gampang-gampang sulit. Gampang, jika kita sudah menguasai materi dan format penulisan makalah yang baik dan benar, maka membuat makalah adalah pekerjaan yang sangat menyenangkan, namun jika kita tidak menguasai materi dan tidak mengetahui formatnya, maka sangatlah sulit membuat makalah yang baik dan benar.

Nah untuk itu, kami akan mencoba membatu anda untuk mengetahu cara membuat atau menulis makalah yang benar, yang kami bagi dalam 2 hal, yakni penguasaan materi dan format makalah. Berikut tahapan cara membuat makalah yang baik dan benar :

Langkah awal membuat makalah :
  1. Memilih Topik, Memilih topik sangat perlu dalam membuat makalah, hal ini berkaitan dengan penguasaan materi yang akan kita tulis. Pilihlah topik yang anda kuasai, mudah dan lagi hot. Dalam beberapa kasus, topik atau judul makalah sudah ditentukan, sehingga hal ini akan lebih mudah, tinggal kita hanya mencari data-data pendukung yang sesuai.
  2. Menentukan Latar belakang dan penulisan makalah. Setelah mencari dan mendapatkan topik yang akan mau diangkat dalam makalah anda, tentuanya kita dengan sendirinya akan mengetahui latar belakang (motivasi) mengangkat topik tersebut, sehingga dengan itu maka kita dapat selanjutnya mengetahui apa yang menjadi tujuan kita.
  3. Menentukan Tujuan pembuatan Makalah, setelah mengetahui latar belakang, maka tentunya kita harus mengetahui permasalahan apa yang hendak kita ingin jawab atau paparkan dalam makalah tersebut sehingga dengan itu, ada makna yang ingin kita sampaikan kepada para pembaca.

Format Pembuatan Makalah : 
  1. Kata Pengantar : Berisi tentang kata-kata harapan penulis, ucapan trimakasih, dll dari penulis.
  2. Daftar Isi
  3. Pendahuluan: Merupakan latar belakang dari pembuatan tugas, tujuan dan manfaat yang diinginkan.
  4. Landasan Teori: Adalah kutipan teori-teori yang mendasari pembuatan makalah, biasanya akan langsung dikutip dari buku dan diktat.
  5. Pembahasan: Merupakan bagian dari inti makalah, dan disini merupakan bagian untuk membahas mengenai makalah yang akan dibuat.
  6. Kesmpulan: Disinilah ditungkan kesimpulan tentang makalah yang sudah ditulis.
  7. Daftar Pustaka: Menuliskan sumber-sumber tulisan yang sudah dipakai dalam pembuatan makalah.
 Format Ukuran Kertas dan Sampul Pembuatan Makalah
  • Kertas : A4 80 gram
  • Sampul : Kertas Buffalo warna Kuning
  • Font : Arial
  • Size : 12
  • Spasi : 1,5
  • Margin
    - Atas : 4 cm
    - Kiri : 4 cm
    - Bawah : 3 cm
    - Kanan : 3 cm
  • Makalah ditulis minimal 10 halaman belum termasuk halaman Judul, Lampiran, dan Daftar Pustaka.
  • Nomor Halaman
    - Letak di kanan atas
    - Angka i,ii,iii,dst. Mulai dari kata pengantar sampai dengan sebelum Bab Pendahuluan.
    - Angka 1,2,dst. Mulai dari Pendahuluan sampai dengan akhir.

Membuat makalah memang agak sedikit lebih rumit dapat pada cara membuat artikel, namun jika bila kita sudah memahami cara membuat makalah diatas, maka kita akan semakin mudah dalam membuat makalah. Demikianlah cara membuat makalah yang dapat kami sampaikan kepada para pengunjung setia kami, semoga bermanfaat, sekian dan terimkasi

0 komentar:

Berbagi OPINI

Subscribe Bookmark and Share

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 Subscribe in a reader

Yahoo bot last visit powered by Scriptme Google bot last visit powered by Scriptme