KRITERIA PRESIDEN PILPRES 2009

KRITERIA PRESIDEN IDEAL PILPRES 2009
Pelaksanaan Pilpres 2009 tinggal menghitung hari lagi. Itu artinya kita sebagai rakyat pemilih tinggal memiliki waktu sedikit untuk lebih mengenal calon Presiden dan calon wakil Presiden, dan berpikir mana Capres dan Cawapres yang memenuhi kriteria ideal manjadi pemimpin kita 5 tahun kedepan.

Dari ketiga capres dan wapres yang bertarung pada Pilpres 2009 ini, sebenarnya sudah cukup dikenal. SBY merupakan Presiden sekarang, jusuf kalla wakil Presiden sekarang, Megawati Soekarno Putri mantan Presiden sebelum sby. Demikian halnya dengan Cawapres yang mendamping para capres tersebut, Boediono yang berpasangan dengan SBY merupakan Gubernur Bank Indonesia yang semakin dikenal karena isu Neoliberalisme, Wiranto, mantan Pangab dan juga Capres yang diusung partai golkar pada pilpres 2004 kemaren, kemudian Prabowo Subianto, mantan Pangkostrad dan mantan menantu penguasa orde baru.

Ketiga Cawapres yang ada, Boediono dan Prabowo subianto masih baru terjun kedunia politik, tapi bukan berarti mereka tidak piawai berpolitik. Buktinya mereka dipilih partai besar untuk mendampingi capres yang mereka usung. Artinya kedua Cawapres ini juga mempunyai kelebihan dan posisi tawar tinggi di peta perpolitikan indonesia saat ini. Singkatnya ketiga pasangan Capres dan Wapres ini memang layak secara politis, tapi belum tentu memenuhii kriteria Presiden yang memimpin indonesia 5 tahun kedepan.

Diberbagai media, baik media cetak maupun elektronik kita temukan berita yang berisikan Kriteria Presiden yang ideal. Baik yang sumbernya dari pakar politik, pengamat, maupun dari hasil survey yang dilakukan oleh lembaga-lembag survey yang ada di tanah air.

Menurut hasil kajian pemuda indonesia baru sendiri ada beberapa hal yang harus dipenuhi oleh seorang capres dan cawapres agar mereka dapat memenuhi Kriteria Presiden ideal pada Pilpres 2009 ini. Kriteria itu sebenarnya tidak perlu susah mencari-cari atau dengan survey maupun dengan analisis yang dikatakan oleh banyak yang mangatasnamakan dirinya pakar maupun pengamat politik. Kriteria itu tidak jauh jauh dari ketiga pasangan Capres dan cawapres Pilpres 2009 kali ini. Ada 3 Poin Kriteria ideal yang harus dimiliki presiden kedepan adalah sebagai berikut yaitu :
Berbudi pekerti luhur, Kriteria pertama ini diambil dari jargon SBY-berbudi
Pro rakyat, Kriteria ini diambil dari jargon Mega-pro rakyat.
Mandiri, Kriteria ini diambil dari jargon Jusuf kalla-wiranto.

Ketiga Kriteria itu setidaknya harus dimiliki oleh Capres dan Cawapres agar dapat memimpin indonesia 5 tahun kedepan, karena sebagai pemimpin itu harus lah memiliki budi pekerti yang luhur, dan kebijakannya haruslah pro rakyat atau dengan kata lain lebih mengedepankan kepentingan rakyat, kemudian harus mampu mandiri tidak tergantung dengan pihak luar. sehingga dengan ketiga hal itu dapat tercipta indonesia berdaulat adil dan makmur.

0 komentar:

Berbagi OPINI

Subscribe Bookmark and Share

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 Subscribe in a reader

Yahoo bot last visit powered by Scriptme Google bot last visit powered by Scriptme