Prilaku Publik Figure Yang Merusak

Prilaku Publik Figure Yang Merusak - Publik figure bisa diartikan sebagai orang yang dikenal oleh banyak orang. Publik figure bisa dari bidang apa saja, dari dunia entertaint, politik,pendidikan, ekonomi, dll. Singkatnya Publik Figure itu pada umumnya mempunyai sesuatu yang menarik perhatian dari masyarakat sehingga pempunyai penggemar.

Publik figure/orang terkenal akan sering dicontoh oleh para penggemarnya, artinya publik figure secara tidak langsung akan memberi sugesti kepada para orang-orang disekitarnya. Dan terkadang para pengemarnya akan ter imitasi yang berujung menjadi pengemar fanatik.

Banyak sekali para pengemar publik figure tersebut akan berusaha untuk menjadi sama dengan publik figure tersebut, mulai dari pakaian, mode rambut, kata-kata, sampai pada prilaku. Hal ini dapat kita lihat dari anggota komunitas-komunitas pengemar dari publik figure tersebut, seperti slankers pengemar dari slank, Bala Dewa pengemar dari dewa 19, Rasta mania pengemar Bob Marley, anak FUNK, METAL, dll. Singkatnya pengemar sudah menjadikan tokoh idolanya tersebut menjadi ikon panutan dan apa yang dikatakan dan dilakukan sudah menjadi sebuah kebenaran.

Kondisi seperti ini tentunya perlu disikapi bijak oleh para publik figure. Karena sebagai publik figure dia bukan hanya berpikir tentang dirinya sendiri melainkan juga harus memikirkan banyak orang yang menjadi fansnya yang akan mengikutinya sikap dan prilakunya. Artinya Publik figure tersebut selayaknya memberi teladan yang baik bagi para Fansny bukan malah memeberikan contoh yang dapat merusak moral bangsa ini khusunya para pengemar mereka.

Di Indonesia banyak sekali publik figure tidak memberikan teladan yang baik. Kebanyakan Publik figure terebut berkecimpung didunia hiburan dan politik. Lihat saja banyak anggota Dewan terhormat dihukum karena korupsi, suap dll, kemudian publik figure dibidang entertainer, perceraian yang begitu gampang, narkoba, bahkan free sex. Kasus terbaru yang menghebohkan adalah hamilnya salah seorang artis diluar nikah dan sebelumnya juga ada beberapa orang,puteri indonesia yang memakai bikini two pieces kemudian aksi nekad bugilnya seorang sutradara di tempat umum.

Prilaku yang tidak terpuji tersebut bisa saja akan mempengaruhi pemikiran dari para penggemar, dan bisa saja akan terjadi proses rasionalisai / pembenaran pada pemikiran mereka bahwa prilaku yang tidak baik yang dilakukan oleh publik figure tersebut sesuatu yang benar, minimal mereka berpikir, si A ajapun melakukan hal ini. Jadi ada semacam proses degredasi moral pada para pengemar mereka dan akan berkembang ke orang lain diluar dari pengemar tersebut.

Hal ini tidak lepas dari peran media sebagai lembaga informasi, karena medialah yang memeberikan informasi kepada masyarakat. Di jaman keterbukaan dan kebebasan informasi ini, media memang tidak dilarang untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang hal apapun selagi tidak menyalahi perturan-peraturan yang ada. Akan tetapi media juga harusnya mempunyai tangung jawab moral apakah berita tersebut mendidik masyarakat atau tidak. Media jangan hanya mengejar hot news dan kuntungan semata akan tetapi juga harus memikirkan apakah berita mereka layak dikonsumsi oleh banyak orang, karena bisa saja para publik figure tersebuat berprilaku tidak baik itu hanya mencari sensasi untuk menaikkan popularitasnya.

Pemikiran seorang ada dalam diri pribadi masing-masing, akan tetapi pemikiran seseorang dibentuk oleh lingkungan sosial mereka. Jadi lingkungan sosial yang kurang baik langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi pemikiran seseorang itu, dan pemikiran akan diwujudnyatakan dalam perbuatan.

Jadi kepada para Publik Figure yang terhormat kiranya Bapak, Ibu, Saudara, Saudari agar kiranya menajda tingkah laku anda, bersikaplah yang bijak,kepada media agar kiranya juga memikirkan nilai-nilai edukatif atas berita-berita yang disamapikan, dan kepada kita masyarakat agar kiranya lebih menyaring prilaku-prilaku dari para publik figure kita yang telah banyak menyimpang ini.

by: Don Sisco.P, SH

Artikel Terkait: Aksi Bugil Joko Anwar Melanggar Hukum

0 komentar:

Berbagi OPINI

Subscribe Bookmark and Share

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 Subscribe in a reader

Yahoo bot last visit powered by Scriptme Google bot last visit powered by Scriptme