Video Rekaman Israel Serang Kapal Kemanusiaan

Video Rekaman Israel Serang Kapal Kemanusiaan - Kapal perang Israel menyerang setidaknya satu dari enam kapal kemanusian yang mengangkut aktivis pro-Palestina dan bantuan untuk memblokade Gaza, menewaskan sedikitnya dua orang dan melukai sejumlah orang tak dikenal di papan, layanan satelit Arab dan jaringan televisi Turki melaporkan Senin pagi.

Militer Israel membantah bahwa pasukannya menyerang perahu tetapi mengatakan mereka akan menegakkan keputusan untuk menjauhkan mereka dari Gaza.

Saluran satelit al-Jazeera melaporkan melalui telepon dari kapal Turki yang memimpin armada,  pasukan angkatan laut Israel menembaki kapal dan naik ke kapal tersebut , melukai sang kapten. Jaringan Turki NTV juga melaporkan pengambilalihan Israel dengan tembakan, dan setidaknya dua orang tewas.

Siaran Al-Jazeera berakhir dengan suara yang berteriak dalam bahasa Ibrani, "Diam Semua!"

Sebuah situs web Turki menunjukkan video dari hiruk-pikuk di kapal salah satu kapal, dengan aktivis di jaket oranye berjalan sekitar beberapa mencoba untuk membantu seorang aktivis tampaknya tak sadarkan diri di geladak.  Situs ini juga menunjukkan video dari sebuah helikopter Israel terbang dan kapal perang Israel di dekatnya.


Rekaman Video Israel Menyerang Kapal Flotilla


Laporan datang setelah fajar, dengan armada masih jauh dari pantai Gaza. Israel telah menyatakan tidak akan mengizinkan kapal untuk mencapai Gaza.

Kepala pemerintahan Hamas Gaza, Ismail Haniyeh, mengutuk "kebrutalan" serangan  Israel.

Kami menyerukan kepada Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, untuk bertanggung jawab untuk melindungi keselamatan kelompok solidaritas yang berada di  kapal dan untuk mengamankan jalan mereka ke Gaza," kata Haniyeh The Associated Press.

Pada hari Minggu, Huwaida Arraf, salah satu penyelenggara, mengatakan enam armada kapal mulai perjalanan dari perairan internasional lepas pantai Siprus pada hari Minggu sore setelah dua hari penundaan. Dia mengatakan mereka diperkirakan akan mencapai Gaza, sekitar 250 mil (400 kilometer) dari, pada Senin sore, dan bahwa dua kapal lagi akan mengikuti "gelombang kedua."

Armada sepenuhnya siap untuk skenario yang berbeda yang mungkin timbul, dan penyelenggara sangat berharap bahwa pemerintah Israel akan "melakukan apa yang benar" dan berhenti konvoi, Kami sepenuhnya berniat untuk pergi ke Gaza meskipun ada intimidasi atau ancaman kekerasan melawan kita katanya.

Setelah malam Minggu, tiga kapal Angkatan Laut Israel rudal meninggalkan pangkalan mereka di Haifa, mengukus ke kapal laut untuk menghadapi para aktivis '.Dua jam kemudian, Radio Israel menyiarkan rekaman salah satu armada kapal rudal peringatan tidak untuk mendekati Gaza.

"Jika Anda mengabaikan perintah ini dan masuk ke area diblokade, angkatan laut Israel akan terpaksa mengambil semua langkah yang diperlukan dalam rangka menegakkan blokade ini," lanjut pesan radio.

Saluran satelit al-Jazeera melaporkan bahwa kapal mengubah arah untuk mencoba untuk menghindari konfrontasi malam hari, siang hari lebih memilih konfrontasi untuk publisitas yang lebih baik.

Armada yang meliputi tiga kapal kargo dan tiga kapal penumpang, mencoba untuk menarik perhatian pada blokade Israel tiga tahun di Jalur Gaza. Perahu yang membawa item yang bar Israel dari Gaza mencapai, seperti semen dan bahan bangunan lainnya. Para aktivis mengatakan, mereka juga membawa ratusan kursi roda bertenaga listrik, prefabrikasi rumah dan pemurni air.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Israel Yigal Palmor mengatakan bahwa setelah pemeriksaan keamanan, bantuan kemanusiaan diizinkan disita dari perahu akan ditransfer ke Gaza melalui jalur resmi.Namun, Israel tidak akan mentransfer item itu telah melarang dari Gaza berdasarkan peraturan blokade. Palmor mengatakan bahwa misalnya, semen akan diizinkan hanya jika terkait dengan proyek tertentu.

Ini adalah kali kesembilan bahwa gerakan Free Gaza mencoba kapal bantuan kemanusiaan ke Gaza sejak Agustus 2008.

Israel telah membiarkan kapal melalui lima kali, tetapi telah memblokir mereka dari memasuki perairan Gaza sejak serangan militer tiga minggu melawan penguasa Gaza Hamas pada Januari 2009. armada menuju Gaza adalah terbesar hingga saat ini. Sekitar 700 aktivis pro-Palestina berada di kapal, termasuk penerima Nobel Perdamaian 1976 Hadiah Mairead Corrigan Maguire Irlandia Utara, Eropa dan legislator korban Holocaust tua.

Misi telah mengalami penundaan berulang-ulang, larangan ini memaksa sekelompok anggota parlemen Eropa untuk berangkat dari bagian Siprus Turki yang memisahkan diri utara pulau itu Sabtu malam.

Israel dan Mesir yang dikenakan blokade di Gaza setelah militan Hamas keras menguasai wilayah pantai pada bulan Juni 2007.

Israel mengatakan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah Hamas, yang telah menembakkan roket ribuan ke Israel. Namun para pejabat PBB dan kelompok bantuan internasional mengatakan blokade telah kontraproduktif, gagal untuk melemahkan kelompok militan Islam, malah  menghancurkan perekonomian lokal.

Secara khusus, larangan bahan bangunan untuk mencegah warga Gaza memperbaiki ribuan rumah yang rusak atau hancur dalam serangan militer Israel, hal ini dimaksudkan untuk menghentikan serangan roket Hamas, awal tahun lalu.

Israel menolak klaim krisis kemanusiaan di Gaza, mengatakan hal itu memungkinkan lebih dari cukup makanan dan obat-obatan ke wilayah tersebut. Israel juga menunjuk industri penyelundupan yang ramai di sepanjang perbatasan Gaza selatan dengan Mesir, yang telah berhasil membawa barang-barang konsumsi, bensin dan ternak ke Jalur pantai.

Israel telah mengutuk armada sebagai provokasi dan bersumpah untuk memblokir dari mencapai Gaza.

Palmor mengatakan aktivis  asing pada kapal-kapal akan dikirim kembali ke negara mereka. Aktivis yang tidak bersedia menyetujui untuk dideportasi akan ditahan. Sebuah fasilitas penahanan khusus telah dibentuk di kota Israel selatan Asdod.

Di pelabuhan kecil di Gaza untuk kapal nelayan kecil, pejabat Hamas, aktivis dan warga negara asing bersiap-siap untuk menyambut armada, di sekitar itu ada 40 perahu kecil yang terapung-apung di laut dan dihiasi dengan bendera negara-negara dari aktivis pro-Palestina , termasuk Turki dan Aljazair.

Dalam kapal lainnya, anak pramuka bermain musik, sementara di pantai, aktivis lain yang dirilis balon dengan wajah warga sipil dan militan Palestina tewas dalam pertempuran dengan pasukan Israel.

Di Suriah, delapan kelompok Palestina Damaskus berbasis mendesak negara-negara Arab dan Muslim untuk bekerja untuk mendukung armada dan memperingatkan Israel melakukan apapun terhadap kebodohan "untuk menghalangi kapal"

Ini bisa menciptakan ketegangan lebih lanjut dan memicu reaksi tak terduga," kata kelompok-kelompok, termasuk Hamas dan Jihad Islam militan.* Google News

0 komentar:

Berbagi OPINI

Subscribe Bookmark and Share

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 Subscribe in a reader

Yahoo bot last visit powered by Scriptme Google bot last visit powered by Scriptme