Penetapan Hari Raya Idul Fitri 2010 1 Syawal 1431

Penetapan 1 Syawal 1430 H Hari Raya Idul Fitri 2010 - 10 September 2010 telah ditetapkan sebagai 1 Syawal 1431 H oleh Muhamadiyah sebagai hari Raya Idul Fitri. Hal ini ditetapkan dalam  maklumat nomor 05/MLM/I.O/E/2010. Maklumat itu sudah disebarkan kepada semua pengurus wilayah dan pengurus daerah hingga cabang Muhammadiyah.

Meski telah disebarkan masih banyak para kader tidak menerima begitu saja. Mereka tetap memandang perlu menguji hasil hisab yang dilakukan oleh PP Muhammadiyah. Seperti yang dilakukan oleh anggota Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PD PM) Tuban.Penetapan 1 syawal ditentukan oleh bulan. 

Berdasarkan penghitungan astronomi yang dilakukan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Bandung Jawa Barat, hari raya Idul Fitri jatuh pada hari Jumat, 10 September 2010 mendatang. Jadi ada pada tahun 2010 ini antara Muhamadiyah dan NU terjadi persamaan tanggal.

Menurut Profesor Riset Astronomi, Astrofisika Lapan, Thomas Djamaludin, berdasarkan perhitungan astronomi, bulan masih di bawah ufuk pada Rabu 8 September. Di hari yang sama, hilal atau bulan sabit pertama belum terlihat, dengan demikian, kata Thomas, Idul Fitri bisa dipastikan jatuh tanggal 10 September 2010. 

Pemuda Indonesia Baru mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1431. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga selama 1 bulan berpuasa menahan hawa nafsu lebih menjernihkan pikiran kita untuk mengendalikan diri terhadap hal-hal duniawi. Dan persamaan 1 syawal ini membawa kita semakin bersatu teguh dan mengakui persamaan hak setiap warga negara tanpa memandang SARA.  

0 komentar:

Berbagi OPINI

Subscribe Bookmark and Share

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 Subscribe in a reader

Yahoo bot last visit powered by Scriptme Google bot last visit powered by Scriptme