Virus Stuxnet

Stuxnet adalah virus Windows-spesifik (worm) cacing komputer, Virus ini pertama kali ditemukan pada bulan Juni 2010 oleh VirusBlokAda, sebuah perusahaan keamanan yang berbasis di Belarus . Virus Stuxnet adalah worm pertama yang mata-matai dan memprogram ulang sistem industri, pertama untuk menyertakan sebuah PLC rootkit ,dan yang pertama untuk menargetkan infrastruktur industri penting.

Virus secara khusus menyerang Pengawas Kontrol Dan Data Akuisisi ( SCADA ) sistem yang digunakan untuk mengontrol dan memantau proses industri. Stuxnet mencakup kemampuan untuk memprogram ulang programmable logic controller (PLC) dan menyembunyikan perubahannya.

kemungkinan Target cacing ini adalah sarana prasarana di Iran menggunakan Siemens sistem kontrol . Menurut laporan berita, infekstasi oleh cacing ini mungkin telah merusak fasilitas nuklir Iran di Natanz dan akhirnya beraibat Iran menunda dimulainya Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Bushehr . Pihak Siemens telah menyatakan, bahwa sebenarnya Virus stuxnet jenis cacing ini belum menyebabkan kerusakan apapun.

Perusahaan digital keamanan Rusia Kaspersky Labs merilis sebuah pernyataan yang menakutkan bahwa Stuxnet digambarkan sebagai " prototipe senjata-cyber yang akan mengarah pada penciptaan perlombaan senjata baru di dunia."

Kevin Hogan, Senior Direktur pada Security Response Symantec , mencatat bahwa 60 persen dari komputer yang terinfeksi di seluruh dunia adalah di Iran, hal ini menunjukkan bahwa industri iran adalah target.

0 komentar:

Berbagi OPINI

Subscribe Bookmark and Share

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 Subscribe in a reader

Yahoo bot last visit powered by Scriptme Google bot last visit powered by Scriptme