Macet, Tersesat, cari Alamat, Google Maps Mobile Solusinya

Macet, Tersesat, cari Alamat, Google Maps Mobile Solusinya - Hidup dikota besar seperti jakarta selalu akan dihadapkan pada macet, mencoba cari jalan altenatif terkadang membuat kita tersesat sehingga mau tidak mau kita harus nanya kepada orang seperti layaknya cari alamat. Ironisnya terkadang yang kita tanyapun tidak mengetahui, dan juga menjawab asal-asalan, sehingga membuat kita semakin jauh dari tujuan dan membuang waktu dengan percuma.

Bagi pendatang baru dijakarta tentu akan sangat dipusingkan dengan situasi seperti ini, tidak jarang pula para pendatang baru kena "Tipu" oleh para supir angkutan terutama Taksi dan ojek katika menuju satu alamat. Jarak yang sebenarnya  dekat dari tempat dia menaiki angkutan tersebut dengan alamat dituju, karena tidak mengetahui dengan jelas, maka kemungkinan besar dia akan "ditipu" oleh para supir taxi maupun tukang ojek mengenai berapa biaya ongkos yang harus dibayar oleh dia, dan banyaknya juga menjadi korban kejahatan seperti perampokan, pemerkosaan dll.

Persoalan diatas dapat dijawab oleh Google maps. Google maps merupakan sebuah jasa peta online gratis yang disediakan oleh google. Dengan menggunakan Google maps aka kita dapat mengetahui rute jalan untuk bepergian dengan jalan kaki maupun naik mobil, atau angkutan umum dari tempat kita ke alamat tujuan yang hendak kita tuju.
Selain rute jalan lengkap, Google maps juga akan memberikan gambaran beberapa lama waktu yang kita butuhkan serta berapa jarak anda dengan tujuan tersebut. Selain rute jalan utama, google maps juga memberitahukan rute alternatif. Sehingga dengan demikian bila kita terjebak macet maka ktia dapat mencari jalan alternatif dan tidak akan tersesat. Demikian juga halnya bila kita mau mencari alamat maka kita tidak akan sulit menemukannya. Bagaimana caranya ?

Kita tinggal masuk ke www.maps.google.co.id (lihat gambar dibawah ini)
Tampilan www.maps.google.co.id
Setelah tampilan diatas muncul pada layar PC (komputer) kita, maka kita klik "dapatkan petunjuk mengemudi" Maka akan muncul Kolom teks area "A" dan "B". Pada kolom A kita ketikan dimana posisi kita saat ini, dan pada Kolom B ketikan alamat /tempat yang akan mau kita tuju. Setelh itu klik petunjuk arah, tunggu beberapa saat, maka akan muncul tampilan disebelah kanan anda "rute" yang disarankan oleh maps google berwarna biru" dan disebalah kiri  petunjuk arah, jarak dari tempat anda ke tujuan, dan perkiraan berapa lama jarak tempuh serat rute alternatif. lihat gambar dibawah ini.

Klik dapatkan Pertunjuk Mengemudi (sebelah kiri linkar warna hitam)

Masuk alamat/ daerah , tempata anda berada pada kolom  "A", dalam Kolom "B" alamat dituju
Perhatikan sebelah kiri Google Map memberikan petujuk arah rute anda, jarak dan waktu

Google maps juga menyediakan Google maps untuk Handphone anda, atau lebih dikenal dengan Google Maps Mobile, supaya kita tidak perlu repot-repot bawa PC , Laptop atau Notebook. cara nya juga hampir sama dengan bagaimana kita memukanya pada PC, hanya saja alamatnya berbeda yaitu www.m.maps.google.com dan download aplikasinya.

Selain menentukan rute, Google maps mobile juga memberi feuture lainnya yang tidak kalah menarik yaitu Navigasi dengan suara  ketika kita sedang membawa mobil, menemukan tempat pelayanan umum seperti rumah sakit, rumah makan dll, dan banyak lagi, untuk lebih lengkapnya kunjungi http://www.google.com/mobile/maps/.
Ada satu hal penting lagi sembelum kita menikmati layanan gratis dari google ini, yaitu koneksi internet, kenapa penting ? karena tanpa koneksi internet maka kita tidak dapat membuka dan mendownload aplikasi untuk Ponsel kita. Karena Google maps mobile ini sistimnya online maka diperlukan koneksi yang cepat dan murah tentunya, agar kita setiap saat dapat langsung membuka tanpa membuat kantong kita kering. Tentunya anda tahu parovider mana yang terbaik untuk ponsel anda, apakah Simpati, AS, (telkomsel) XL, Mentari dll, anda yang menentukan.(don)

0 komentar:

Berbagi OPINI

Subscribe Bookmark and Share

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 Subscribe in a reader

Yahoo bot last visit powered by Scriptme Google bot last visit powered by Scriptme