Bencana Gempa Sumatera Barat-Sumbar

Informasi Bencana Gempa Sumatera Barat-Sumbar - Sumbar-Sumatera Barat diguncang gempa. Gempa sumbar ini berkekuatan 7,6 SR. Gempa terjadi pada rabu 30 September 2009 pukul 17.16, menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Gempa berlokasi di 22 Km Barat Daya Pariaman, Sumatra Barat atau 0.72LS-99.94 BT.

Kerusakan akibat gempa 7,6 Skala Richter (SR) di Sumatera Barat (Sumbar) diperkirakan lebih hebat dibanding gempa Tasikmalaya beberapa waktu lalu. Banyak rumah di Padang hancur, termasuk rumah sakit. Beberapa rumah juga terbakar, termasuk Pasar Raya.Selain itu akibat Gempa 7,6 SR di Sumbar juga mengakibatkan kerusakan sejumlah fasilitas publik seperti Bandara Internasional Minangkabau. Atap Bandara di Kota Padang itu dilaporkan rusak.

Daerah yang mengalami kerusakan parah adalah Padang pariaman, sampai saat ini dikabarkan bahwa hampir semua rumah hancur akibat gempa terebut. Begitu juga banyak warga padang pariaman ikut meninggal dunia.

Gempa berkekuatan 7,6 SR yang berpusat di Padang Pariaman, Sumatera Barat juga terasa di Pekanbaru. Wakil Gubernur Riau Mambang Pit dan sejumlah PNS di Kantor Gubernur Riau, Jl Sudirman, pun berlarian ke luar gedung.Begitu juga di Sumatera Utara, akan tetapi pada dua daerah tersebut belum ada kabar keusakan yang ditimbulkan.

Berita terkahir saat ini bandara Internasional Minangkabau telah Dibuka Kembali, jalur suplai bbm akan dialihkan oleh pertamina unutk mengatasi kelangkaan BBM di daerah naas tersebut. Sampai saat ini kabar korban meninggal dunia telah mencapai 75 orang.

Menyikapi pristiwa ini pemerintah telah menyiapkan anggaran tak terbatas, dan telah mengutus 6 menteri meninjau lokasi kejadian untuk mengetahui hal-hal apa yang dibutuhkan secepat mungkin. Untuk tahap awal pemerintah mengucurkan dana sebesar 100 milyar rupiah.

Pemuda Indonesia baru turut berduka cita dan prihatin atas terjadinya gempa tersebut. Semoga Korban dikuatkan atas cobaan ini.

Berita terkait:
INFORMASI TERKINI GEMPA JAWA BARAT
Gempa Mengguncang Yogyakarta

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Allah yang menentukan segalanya. Muhasabah diri.

Berbagi OPINI

Subscribe Bookmark and Share

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 Subscribe in a reader

Yahoo bot last visit powered by Scriptme Google bot last visit powered by Scriptme