Facebook Mulai Berbahaya

Facebook Mulai Berbahaya - Facebook merupakan situs web jejaring sosial mulai diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang didirikan oleh Mark Zuckerberg seseoarang berkebangsaan Amerika. Berkat Facebook Mark Zuckerberg menjadi seorang milyarder termuda menurut Forbest yang membawa pendiri facebook ini mendapat penghargaan Young Global Leaders.

Saat ini Facebook telah berumur 5 tahun. Dalam usianya yang cukup muda Facebook sudah menjadi situs jejaring sosial yang besar dan banyak diminati oleh para netter. Facebook mulai menggeser situs jejaring sosial yang ada lebih dulu seperti Friendster, Myspace.

Keberhasilan Facebook yang telah menjadi sebuah situ jejaring sosial yang sangat dimintai dikarena Facebook didukung oleh berbagi aplikasi yang menarik yang dapat dibuka oleh para netters, mulai dari game, quiz, chat, iklan, group, dan aplikasi menarik lainnya diberikan Facebook secara apik, menarik, kreatif dan tentunya gratis.

Kata-kata yang sering diucapkan oleh para netters juga berupah, bila sebelumnya Istilah ataupun akronim Fs (friendster) sering dibicarakan oleh apra netter kini berupah menjadi FB ( facebook).Bila dulu oarang sering bertanya kamu ada Fs gak? Sekarang Kamu ada FB gak?

Perkembangan facebook sebagai situs jejaring sosial di indonesia saat ini dapat dikatakan sesuatu yang menjadi fenomena , dimana hampir setiap para netters saat ini sangat asyik dengan situs yang satu ini. Laju perkembangan Facebook ini juga memberi keuntungan kepada beberapa usaha yang bergerak dibidang lainnya salah satunya Black berry dan provider-provider jasa layanan internet sampai dengan para pengusaha warnet.

Fenomena Facebook disamping sebagai membawa dampak berkembangnya usaha-usaha dibidang layanan internet ternyata juga membawa dampak negatif. Dampak negatif dari membomingnya facebok ini dapat kita lihat dari beberpa hasil riset yang juga telah diberitakan oleh beberpa media.


Karena begitu banyaknya aplikasi menarik yang tersedia maka sering sekali kita akan lupa terhadap waktu, sehingga waktu kerja potensial kita telah berkurang, dan dengan lupanya kita akan waktu maka akan memicu beberapa penyakit seperti, sakit pinggang, mata, dan maag karena pada umumnya kita bermain internet duduk, karena terlalu asyik, makan sering terlambat, dan radiasi monitor juga akan berpengaruh pada mata kita. Facebook juga membuat tingkat kecemburuan meningkat antara pasangan, baik suami istri maupun pasangan masih dalam tahap pacara. Dalam beberapa kasus, ada seorang suami dengan tega membunuh istrinya hanya karena membuat status single di status facebooknya.

Bahaya facebook tidak hanya sampai disitu saja akan tetapi tetap berkembang. Salah satunya adanya perjudian yaitu pada aplikasi permainan kartu TEXAS HOLDEM POKER. Permainan kartu ini tidak hanya sebatas permainan melainkan telah menjurus kepada perjudian dunia maya. Uang untuk memainkan permainan ini disebut CIPS juga telah diperjual belikan oleh para netter diluar dari penjual CIPS resme pokker tersebut.

Aplikasi permainan Pokker ini telah banyak sekali membuat para netters telah kehilagan hartanya untuk hanya sekedar membeli CIPS yang harganya berkisar 5-10 ribu / 1 M/ 1 juta CIPS antara sesama netters. Bahkan ada beberapa orang telah menjual harta bendanya karena terus kalah dalam permaianan dunia maya tersebut.

Murahnya biaya internet yang ditawarkan oleh para provider kartu GSM dan adanya m.facebok.com, alamat khusus untuk user facebook lewat HP juga membuat user facebook semakin gampang untuk mengupdate facebook, upload poto, kirim pesan wall. Hal ini juga sangat membawa dampak buruk, tidak hanya bagi para pekerja yang potensial yang dapat lupa akan waktu akan tetapi yang paling berbahaya adalah bagi para pelajar siswa/i tunas harapan bangsa. Dimana dengan murahnya mengakses facebook itu banyak waktu mereka terbuang, dan bahakn dalam kelas sewakt belajarpun mereka membuka facebook mereka. Hal ini sangat berbahaya bagi perkembangan generasi penerus bangsa ini.

Semuanya memang kembali kepada pribadi kita semua, bagaimana kita harus bersikap mengenai hal ini. Akan tetapi hal ini perlu dengan cepat kita sikapi secara bijak, bila tidak fenomena Facebook ini akan membawa kita kedalam situasi yang lebih sulit. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

0 komentar:

Berbagi OPINI

Subscribe Bookmark and Share

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 Subscribe in a reader

Yahoo bot last visit powered by Scriptme Google bot last visit powered by Scriptme