MEMUDARNYA ISU NEOLIBERLISME- POLITIK PENGALIHAN ISU

MEMUDARNYA ISU NEOLIBERLISME KARENA POLITIK PENGALIHAN ISU - Ketika kita terlibat dalam sebuah pembicaraan, sering sekali dalam pembicaraan itu lari dari topik/isu pembicaraan dikarenakan adanya pengalihan topik/isu oleh seorang. Biasanya pengalihan topik pembicaraan secara tiba-tiba oleh seorang itu dikarenakan topik/isu yang dibicarakan sebelumnya tidak nyambung dengan atau topik tersebut dapat menjebak dia apalagi nantinya dapat membongkar keburukan dia.

Dalam pembicaraan-pembicaraan tidak resmi (misalnya di warung kopi), pengalihan isu/topik pembicaraan tidak menjadi persoalan bagi orang-orang yang ikut dalam pembicaraan itu, karena pembicaraan tersebut hanya sekedar untuk dibicarakan agar suasana tidak vakum. Lain halnya dengan Pembicaraan resmi, biasanya pembicaraan yang lari dari topik pembahasan apalagi dengan sengaja dialihkan merupakan sebuah masalah yang perlu diluruskan. Karena pebicaraan tersebut akan membias dan mengambang sehingga pembicaraan tersebut tidak akan menemukan konklusi (kesimpulan).

Beberapa waktu yang lalu isu Neoliberlisme sangat banyak dan hangat dibicarakan menjelang Pilpres 2009 kali ini. Hal ini dikarenakan seseorang dari pasangan Capres yang ikut dalam Pilpres 2009 ini di isu kan seorang penganut Neoliberlisme. Dimana menurut kebanyakan orang Neoliberlisme ini sangat tidak baik diterapkan di Indonesia karena selain bertentangan dengan Pacasila dan UUD 1945, sumber daya manusia indonesia yang masih lemah ditambah sebagian besar rakyat indonesia masih miskin.

Pro dan kontra isu neoliberalisme saat itu sangat menarik di ikuti dan memang penting untuk diketahui, karena hal ini menyangkut persoalan nasib dan arah bangsa kita tercinta kedepan. AKan tetapi Isu Neoliberalisme itu kian memudar dan hampir tidak dibicarakan lagi padahal apa yang menjadi kesimpulan (konklusi) dari topik itu sampai saat ini masih mengambang.

Memudarnya isu Neoliberlisme ini menurut Pemuda Indonesia Baru dikarenakan adanya unsur kesengajaan dari pihak yang merasa kepntingannya terganggu, sehingga pihak tersebut melakukan politik pengalihan Isu. Dengan memanfaatkan lembaga yang dianggap mampu serta didukung Media masa baik cetak maupun elektronik membuat isu yang dilemparkan cepat menjadi topik pembicaraan menggantikan isu sebelumnya.

Menurut Pengamatan Pemuda Indonesia Baru, ada beberapa isu yang sengaja dialihan sehingga isu sebelumnya menjadi kabur tanpa sebuah konklusi. Isu yang pertama adalah isu Kekisruhan Pemilu legislatif 2009 dialihkan dengan isu Kasus Pembunuhan yang meibatkan Ketua KPK antasari azhar, (baca : kasus Antasari Azhar Merupakan Pengalihan Isu )yang telah ditulis Pemuda Indonesia Baru beberapa waktu lalu. Kemudian Isu Neoliberlisme yang digantikan dengan isu hasil survey yang kontroversial.Ironisnya kedua pengalihan isu ini terjadi dikarenakan isu awala dapat membuat salah seorang Capres terganggu kredibilatasnya dimata masyarakat sehingga perlu
dikaburkan.

Dalam dunia politik hal seperti ini sah-sah saja,akan tetapi hal ini tidak baik untuk pendidikan politik bagi masyarakat, apalagi indonesia saat ini dapat dikatakan negara yang baru berkembang dalam ber demokrasi. Bila hal ini terus berlanjut maka mental dan karakter politik generasi penerus bangsa ini akan rusak.

Melihat hal ini Pemuda Indonesia Baru berharap, kepada Politisi agar kiranya jangan mementingkan kepentingan pribadi ataupun kelompok politiknya, tapi perhatikan juga kepentingan rakyat banyak yaitu pendidikan politik yang berkarakter dan bertangung jawab bukan politik buang badan dan lembar bola. Dan kepada Para Pemuda/i Indonesia generasi penerus bangsa agar kiranya belajar dari kesalahan menuju kebenaran. Karena belajar dari kesalahan bukan sesuatu yang salah apabila kesalahan itu itu perbaiki menjadi benar.

Hidup Pemuda/i Indonesia, Bersatulah Menuju Indonesia Baru.

By : Don Sisco P, SH

0 komentar:

Berbagi OPINI

Subscribe Bookmark and Share

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 Subscribe in a reader

Yahoo bot last visit powered by Scriptme Google bot last visit powered by Scriptme