KISRUH DPT SKENARIO SATU PUTARAN

KISRUH DPT BAGIAN SKENARIO SATU PUTARAN,
Pilpres 2009 tinggal 3 hari lagi, akan tetapi masih banyak hal yang belum siap yang sifatnya substansial yakni mengenai DPT (Daftar Pemilik Tetap). Dimana DPT pada Pilpres saat ini masih belum lengkap, masih banyak rakyat belum terdaftar dan angakanya diperkirakan sampai puluhan juta orang.

Kejadian ini sebenarnya sudah terjadi pada Pileg 2009 april kemarin, dan pada pasca pileg itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam hal ini sebagai penyelenggara pemilihan umum dikambing hitamkan oleh pemerintah. Padahal tugas KPU hanya pemutahiran DPT bukan sensus penduduk, jadi data yang diolah datang dari Pemerintah melalui Kepala-kepala daerah.

Tapi entah kenapa KPU terkesan legowo ketika mereka dikambing hitamkan, padahal kesalahan bukan ada pada mereka sepenuhnya. Sikap KPU menerima tanggungjawab ini kesannya untuk melindungi kepentingan politik pihak tertentu. Jadi sudah ada semacam main mata ataupun kerjasama yang apik diantara mereka.

Tentang Kisruh DPT pada Pileg april 2009, ada kelompok yang menyatakan dirinya kelompok Teuku umar yang terdiri dari beberapa partai mencoba mengkritisi dan melakukan gerakan perlawanan, akan tetapi hal itu hanya sebatas wacana yang sifatnya move politik sekaligus mendapatkan posisi tawar politik. Mereka berencana memboikot PIlpres, tapi hanya dengan manuver UU darurat/Perpu capres tunggal dari pihak pemerintah, gerakan boikot tersebut lempem dan masalah kisruh DPT Pileg lenyap ditelan kecurangan.

KPU pada saat itu berjanji akan memperbaiki DPT pada pilpres 2009. KPU memang memperbaiki DPT, hal ini ditandai adanya peningkatan jumlah pemilih yang terdaftar di DPT. Akan tetapi masih jauh dari harapan ternyata masaih ada puluhan juta rakyat pemilih belum terdaftar ditambah DPT Ganda. Artinya Kinerja KPU mengenai DPT kembali mendapat sorotan.

Maka timbul pertanyaan bagi kita, Begitu sulitkah mendata Penduduk Indonesia. Jawabannya Tidak!!! karena Indonesia memiliki Badan Pusat Statistik yang kerjanya adalah mensensus penduduk indonesia.
Bila memang data BPS itu sudah sesuai dengan dengan data KPU, berarti banyak sekali penduduk gelap yang ada di indonesia.

Menurut pengamatan Pemuda Indonesia Baru, Kisruh DPT Pileg dan Pilpres 2009 merupakan skenario Politik dari pihak yang mempunyai kepentingan politik pada kedua momen itu. Kisruh DPT ini merupakan bagian dari skenario satu putaran. Hal ini dapat kita lihat dari beberapa hal yakni :
  1. Kisruh DPT hanya terjadi pada daerah-daerah yang merupakan basis-basis partai tertentu.
  2. Tidak dibenarkanya KTP sebagai pengganti kartu pemilih jadi ada kesan adanya pembatasan pemilih.
  3. Adanya indikasi unsur sengaja daru pihak penyelenggara untuk tidak memutakhiran DPT.
  4. Pihak penyelenggara menerima tanggung jawab dari kekisruhan tanpa mengikutsertakan pemerintah. jadi ada indikasi pihak penyelenggara melindungi pemerintah.
  5. dll.
Beberapa hal diatas merupakan sebuah gerakan pembatasan pemilih. Pembatasan ini tentunya akan membuka peluang lebih besar terjadinya satu putaran, ditambah orang-orang yang ada dalam DPT sudah diatur sedemikian rupa, dimana yang terdaftar sudah hampir dipastikan memilih salah satu calon. Dengan wacana satu putaran dan pembatasan DPT ini maka satu putaran bukan hanya sekedar wacana akan tetapi menunggu kenyataan. Selamat mengikuti!!

0 komentar:

Berbagi OPINI

Subscribe Bookmark and Share

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 Subscribe in a reader

Yahoo bot last visit powered by Scriptme Google bot last visit powered by Scriptme