Sikap Golput Yang Baik

Sikap Golput Yang Baik-Golongan Putih ataupun sering disebut golput merupakan sebuah sikap politik yang tidak memilih salah satu Calon yang ada pada sebuah pemilihan. Golput terjadi pada umumnya dikarenakan karena si pemilih merasa tidak ada yang cocok untuk dipilih, sehingga sipemilih merasa lebih baik tidak memilih.

Idealnya Golput adalah kesadaran pribadi, bukan dijadikan sebagai kesadaran sosial. Apalagi adanya pengarahan kearah golput, hal ini sangat tidak baik untuk pendidikan politik suatu bangsa. Dalam iklim demokrasi kebebasan berpendapat dan bersikap memang dilindungi oleh UUD, akan tetapi sebagai mahluk berakal-budi kita juga harus bersikap bijak atas sikap dan prilaku kita.

Golput sah-sah saja dalam berdemokrasi, mengarahkan orang supaya golput juga sah-sah saja. Akan tetapi Politik bukan hanya berbicara salah dan benar tapi baik atau buruk. Marilah kita biasakan independent, baik terhadap pemikiran dan sikap kita. Berilah kebebasan kepada orang lain untuk memilih apa yang menurut dia benar dan baik.

Prinsip Pemilu ada yaitu langsung-bebas-umum dan rahasia (LUBER). Kita bebas memilih bersikap apa saja, tapi rahasia. Sangat disayangkan seorang yang katanya cukup idealis ternyata memberikan contoh yang tidak baik.Sebelum menunjuk orang perhatikanlah kelima jari kita apakah ada jari itu menunjuk kita atau tidak. Biasanya jari telunjuk menunjuk seseorang tiga jari lain akan menunjuk kepada diri kita.

0 komentar:

Berbagi OPINI

Subscribe Bookmark and Share

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 Subscribe in a reader

Yahoo bot last visit powered by Scriptme Google bot last visit powered by Scriptme